sync: 1, pause: 1, pauseOnPagerHover: 1, cleartype: true, cleartypeNoBg: true }); }); /* ]]> */

Pages

Selasa, 24 April 2012

Carita Babad Sunda LAYUNG LAYUNGSE


Geus jadi sabiwir hiji, kakoncara ka mana-mana, lamun baheulana nagara urang téh boga julukan nagara maritim. Karajaan-karajaan anu aya di Nusantara, Boh anu aya di tatar Pasundan atawa di luar parahyangan loba kacaritakeun kahébatanna. Ieu disalunyuan ku para ahli sajarah dunia, saperti Sejarawan Jepang anu ngaranna Sakurata San, dina buku nu judulna; ” Hoena Kasikati Pesoku ” ( Sajarah Pasifik), nulis dina basa Jepang : ” akinasohak mitsubishi takunaiki, dakunaiki jugata majuwae. Makanaku lariazha…” anu pihartieunna kira-kira, ” kuring boga bukti-bukti lamun salah sahiji karajaan geus pernah meuntas nepika palabuan Seizu nu aya di Jepang”.

Sajarawan Sunda sorangan kurang soson-soson ngayakeun panalungtikan ngeunaan karajaan mana anu pernah ka palabuan Seizu anu aya di Jepang téh? Anu manghérankeun, lolobana anu bener-bener konsern kana hal kieu téh malah ahli-ahli mancanagara saperti; Ricardo Pendi Sumphena (Spanyol), Adulof Herrypuddiencth (Jerman), Phepen Omant (Vietnam), Kereshek Gumaransev (Russia), jeung Van Ghuoblogh (Walanda). Para ahli mancanagara téh ngagabung dina hiji lembaga panalungtikan sajarah Sunda, SHOUN = sundanesse historical organization for united nation.

Aya hiji sajarawan Sunda nu ulubiung dina éta lembaga nyaéta Profesor DR Encuy Samsiddin, guru besar sajarah ti Hesehitouth University , California.
Hasil gempungan jeung gawé Nu rancagé ti para ahli téh nyaéta kapanggihna hiji naskah sunda kuno anu umurna téh leuwih kolot dibandingkeun naskah Amanat Galunggung anu ditulis ku Prabu Guru Darmasiksa. Naskah anu ditulis dina kulit waru téh jumlahna ngan dua kaca (halaman), tapi jadi bukti jeung pituduh ngeunaan karajaan Sunda Kuno. Kabéh ahli geus nangtukeun lamun éta naskah ditulis ku hiji Raja jauh samemeh ayana karajaan-karajaan di Nusantara saperti Kutai jeung Tarumanagara.
Aya dua pada anu jadi lulugu utama naskah ieu nyaéta:
Sing sang aha aku
Nu neuleuman babad layung lalungseh
Dia ge nyaho yen nu huninga nerati
ngaing sri peucang kadut raja di
Kartunamarangga, ge sebutna Raja Waluh
.
Hartina; saha-saha anu ngaguar ieu naskah nu judulna Layung Lalungsé, bakal ngarti yén anu nulisna téh Raden Peucang Kadut, hiji Raja Kartunamarangga anu disebut ogé karajaan Waluh.

Pada anu ka-dua dina éta naskah nguningakeun
Dia sing waspada, sri peucang akuna garwa nyimas gelung, anu putrana raden menak remehanbaya wastana raden keuyeup apu, anak lan incuna ngaing daradi menak kabeh.
Anu hartina ( manéh kudu bener, Raden Peucang boga istri nyaéta nyimas Gelung, tuluy boga putra nyaéta Raden Menak Remehanbaya anu katelah Raden Keuyeup Apu. Anak jeung incuna bakal jareneng jadi raja.

Panalungtikan teu cukup nepika dinya, da diteruskeun ku panalungtikan arkeologis. Para ahli ngagali, di beulah wétaneun wewengkon kampung Waluh Resmi, aya hiji candi leutik anu dibéré ngaran Candi Waluh dan bentukna Buleud tur buleneng kawas waluh.
Kabéh satuju, lamun Raja Peucang pernah meuntas lautan , patepung jeung raja Seizu, Pangeran Huizampeunahawu. Buktina mangrupa ayana sababaraha barang anu sarua umur jeung Bentukna antara Karajaan Waluh jeung karajaan Seizu.
Hasil panalungtikan ieu, mukakeun deui hiji misteri, lamun urang Sunda kuno téh jalma-jalma lampar, tukang lumampah jauh. Para ahli nyimpulkeun panalungtikanna dina hiji jurnal anu dibéré judul ” The Journal of Waluh and Raden Peucang.
Balandongan, 2010
Ieu ngan saukur carita, tong dikuat-kaitkeun jeung sajarah asli, huhuy..


Tentang Ayat Al-Qur'an yang Berhubungan Dengan Fisika


Ayat-ayat Al Quran Berhubungan dengan ilmu fisika
Gejala Fisis
"Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal". (Al Imran :190)
Dalam ayat diatas kita diberi petunjuk, setidaknya tersirat beberapa makna antara lain adalah: alam semesta yang senantiasa berproses tanpa henti dan menyajikan banyak sekali gejala dalam seluruh dimensi ruang dan waktu yang terus berkembang.
" Hanya kepada Allah lah tunduk/patuh segala apa yang ada dilangit dan di bumi baik atas kesadarannya sendiri ataupun karena terpaksa, (dan sujud pula) bayang-bayangnya diwaktu pagi dan petang" (ar Raad :15)


Dalam ayat ini Allah SWT mengingatkan kita bahwa apapun nama dan bentuk gejala yang ditunjukan-Nya selalu mengikuti suatu sistem dengan hukum-hukum yang telah ditetapkan-Nya.
" Maka sesungguhnya Aku bersumpah dengan cahaya merah diwaktu senja, dan dengan malam dan apa yang diselubunginya. Dan dengan bulan apabila jadi purnama, sesungguhnya kamu melalui tingkat-demi tingkat". (Al Insyiqaaq 16-19)

Allah SWT menampilkan gejala fisis untuk diartikan sebagai perumpamaan antara lain behwa terdapat 3 tahap yang harus dilalui manusia yaitu : pertama, adanya ketidaktahuan kita seperti kita melihat dalam kegelapan malam. Kedua, adanya keragu-raguan kita seperti halnya kepekaan kita melihat cahaya merah di waktu senja dan ketiga, ditunjukan-Nya gejala fisis serta penjelasan secara nyata dan membawa isyarat keindahan dan keagungan-Nya.
Model dan Perumusan Fisika
" Sesungguhnya telah Kami buatkan bagi manusia dalam Al Qur'an ini setiap macam perumpamaan supaya mereka dapat memetik pelajaran " (az Zumar :27)
"Kepunyaan Allah lah segala apa yang dilangit dan dibumi, Sesungguhnya Allah, Dialah Maha kaya lagi Maha Terpuji. "(Luqman :26)
Untuk memenuhi keingintahuan terhadap rahasia-rahasia alam ini penjelasan-penjelasannya selalu dipakai pendekatan-pendekatan dalam bentuk atau keadaan yang sederhana atau keadaan-keadaan ideal. Keadaan ideal ini dinyatakan dalam bentuk perumusan matematika yang selanjutnya kita sebut sebagai hukum-hukum fisika.
Besaran Fisis
" Sesungguhnya Kami menciptakan segala sesuatu menurut ukuran". (Al Qamar: 49)
" Dia telah menciptakan segala sesuatu dan Dia menetapkan ukuran-ukurannya dengan serapi-rapinya." (Al Furqan :2)
Kedua ayat diatas mengisyaratkan bahwa kata " Ukuran" adalah apa yang ada di alam ini dapat dinyatakan dalam dengan dua peran, yang pertama sebagai bilangan dengan sifat dan ketelitian yang terkandung didalamnya dan yang keduanya sebagai hukum atau aturan.
Dimensi dan Ruang
"Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) Kami disegenap ufuk dan pada diri mereka sendiri, sehingga jelaslah bagi mereka bahwa Al Quran itu adalah benar. Dan apakah Tuhanmu tidak cukup ( bagi kamu) bahwa sesungguhnya Dia menyaksikan segala sesuatu ?"
(Al Fushshilat :53)
Dalam kata kata "tanda-tanda (kekuasaan) Allah" tersirat sifat dan perilaku seluruh ciptaan Nya dengan berbagai proses dan gejalanya. Adapun yang terkandung dalam pengertian "ufuk", selain yang berlaku sebagai dimensi ruang juga termasuk dalam makna dimensi-dimensi.
Dinamika
"Tidak ada balasan kebaikan kecuali dengan kebaikan pula." (Ar Rahman: 60)
Secara harfiah dapat diartikan bahwa munculnya balasan kebaikan merupakan buah dari interaksi. Dalam ayat ini tersirat pula makna dari pemberian dan balasan berupa potensiyang dimiliki suatu benda.
Usaha dan Energi
"Dan di bumi ini terdapat bagian-bagian yang berdekatan

(ar Rad : 4)
Secara harfiah diartikan sebagai berdekatan dalam dimendi tempat, sebagi daerah, wilayah, negara dsb. Yang mempunyai potensi baik sumber daya alam maupun sumber daya manusianya yang mengolah, mengembangkan dan meningkatkan.. Berikutnya potensi tersebut saling dipertukarkan baik dari sisi keunggulan komparatif maupun kompetitif.
Impuls dan momentum
" Dan Allah menciptakan langit dan bumi dengan tujuan yang benar dan agar dibalasi tiap-tiap diri terhadap apa yang dikerjakan, dan mereka tidak akan merugikan." (Al Jaatsiyah :22)
Ayat diatas merupakan penjabaran interaksi yang terjadi dialam secara lebih luas lagi. Interaksi tidak sekedar saling pengaruh mempengaruhi, saling memberi dan saling menerima antar manusia, mahluk atau benda.
Getaran
" Dan sesungguhnya Kami telah mengulang-ulangi bagi manusia dalam al Qur'an ini bermacam-macam perumpamaan. Dan manusia adalah mahluk yang paling banyak membantah." (Al Kahfi :54)
Ayat diatas merupakan pernyataan Allah SWT tentang kandungan al Quran yang mengingatkan kita dengan berbagai perumpamaan secara berulang-ulang. Apabila kita perluas makna ayat diatas dengan peristiwa atau gejala fisis bahwa Allah menciptakan alam semesta dengan wujudnya atau materinya selalu bergerak secara berulang-ulang. Gerak berulang dalam ruang berdimensi satu sering kita sebut sebagai getaran.
Gelombang
" Dan diantara tanda -tanda kekuasaanNya ialah bahwa Dia mengirimkan angin sebagai pembawa berita gembira dan untuk merasakan kepadamu sebagian dari rahmatNya dan supaya kapal dapat berlayar dengan perintahNya dan supaya kamu dapat mencari karuniaNya, mudah-mudahan kamu bersyukur." (Ar Ruum : 46)
Secara umum "angin" disini sebagai angin yang bertiup membawa awan untuk menurunkan air hujan dan angin yang meniup kalpal layar agar dapat berlayar dilautan. Kita merasakan kedekatan makna "angin" dalam ayat ini adalah gelombang, bukan saja gelombang bunyi yang membawa berita tetapi juga gelombang radio atau gelombang elektromagnet yang mampu dipancarkan kesegala penjuru dunia bahkan seluruh jagad raya ini.
Elastisitas
" Dan Allah telah meninggikan langit dan Dia meletakkan neraca." (ar Rahman: 7)
Dalam ayat ini tersirat yang berhubungan dengan kenyataan yang telah diketahui manusia dari berbagai gejala yang terlihat atau telah dilakukan percobaan dan pengukurannya. Dalam kaitan masalah yang akan di bahas di sini, bukan peristiwa pemuaiannya atau keseimbangannya , namun ada suatu sifat yang menertai dalam peristiwa itu yaitu sifat kelenturan atau elastis.
Fluida bergerak atau mengalir
" Dan pada perkisaran angin terdapat pula tanda-tanda (kekuasaan) Allah bagi kaum yang berakal. (Al Jaatsiyah : 5)
" Dan Dia menundukkan untukmu apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi semuanya, (sebagai rahmat) dari padanya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda kekuasaanNya bagi kaum yang berfikir." (Al Jaatsiyah : 13)
Kedua ayat diatas sangat berkaitan erat dengan teknologi keudaraan.. Diawali dengan ayat 5, dengan terjemahan "tshriifirriyaahi" sebagai perkisaran angin kita dituntun untuk mempelajari sifat fluida yang bergerak atau mengalir. Disambung oleh ayat 13, menegaskan dasar dari teknologi keudaraan.
Suhu dan Kalor
"Dan Dia {menundukan pula) apa yang Dia ciptakan untuk kamu di bumi ini dengan berlain-lainnan macamnya, sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda kekuasaannya. (An Nahl :13)
Secara harfiah memang kita melihat dan merasakan banyak wujud dan jenis benda yang diciptakan Allah SWT. Dibalik itu banyak juga yang tidak tampak dan berupa sifat atau potensi, antara lain seperti energi yang disediakan untuk manusia. Energi itu termasuk suhu dan kalor.

Cerita Waktu Dulu :D


Ehem ehem waktu itu gue baru duduk di bangku SMA, terus gue bertemu sama cewe yang lumayan cantik sih hehe tapi emang bener menurut gue cantik namanya itu Heny Anggraeni.
Dia temen sekelas gue di x.9.
Jadi yang mau gue ceritain tuh cerita gue sama dia bagus banget haha jadi awalnya gini : gue pinjem buku paket matematika dia tuh, terus kata gue : gue bawa pulang yak buku lu ke Rumah. Langsung kata dia : yaudah. Gue gak ada niat buat cari perhatian dia yah, pura-pura pinjem buku, engga, gue engga gitu. Gue emang bener mau nulis, dan gue pada saat itu belum punya buku matematika hehe kasian banget yaa.
Nah gue bawa pulang tuh bukunya, dan di perjalanan ujan turun, gue kan bawa motor pasti dong gue kebasahan, soalnya gak pake jas hujan hehe dan gue gak mau neduh dulu orangnya. Pas sampe rumah semua buku-buku di tas gue basah termasuk buku yang tadi gue pinjem ke si Heny. Dan buku dia tuh robek. Aduh mana gue belum akrab bener sama dia, kan gak enak ngembaliin nya ntar, tapi pas besokan nya gue kembaliin bukunya, dan dia gak marah sama gue hahaha untung aja yah. Tapi disitu gue bilang, Hen, kalo mau ntar gue ganti deh, gue beliin yang baru, yang itu buat gue hehe tapi kata dia udah gak usah sambil senyum ngeliatin gue haha tapi ya setidaknya gue gak enak sama dia. Kecuali dia udah jadi temen gue berapa tahun gitu baru deh, gak papa kalo gitu mah. Tapi ini kan gue baru ngenal dia. Yaudah gue langsung kembali ke tempat duduk gue, dan ninggalin tempat duduknya Heny.
Dan besokannya terus gue kalo ketemu dia senyum hahaha akhirnya gue nanya-nanya sama dia biar lebih akrab gitu hehe. Pas gue tanya Hen, rumah lu dimana? Eh kata dia di salabenda, dan ternyata rumah dia sama rumah gue se-arah hehe terus gue ngobrol sama dia, dan akhirnya gue dapet nomer handphone nya dia haha dan pas malem gue sms begini:  Hen, mau gak besok bareng berangkat sekolahnya, ya sambil itung-itung gue minta maaf sama lu gara-gara buku lu gue bikin robek waktu itu, dan kata dia mau haha yaudah besokannya gue berangkat sekolah bareng sama dia. Hari-hari gue sms'an sama dia dan sampe main bareng sama dia, ya walaupun cuma muter-muter komplek doang. Tapi waktu itu pas banget lg puasa, dan gue sepiknya kita ngabuburit yuk hehe yaudah gue maen-maen muter-muter di perumahan Pandan Valley yang kebetulan sebelahan sama kampungan Heny.
Terus-terusan tuh gue pendekatan sama dia, TAPI enggak sampe jadian lho hehe padahal gue sama dia kalo di fikir-fikir udah kaya pacaran, bayangin aja gue udah ngapelin kerumah dia pas malem apa tuh, kayaknya sih malem minggu deh hehe gue lupa sih.

Ceritanya bagus kan kalo dibuat film kayak FTV gitu hehe  

Tanda Kecakapan Khusus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/3/3b/Selempangtkk.jpg/200px-Selempangtkk.jpg
http://bits.wikimedia.org/skins-1.5/common/images/magnify-clip.png
Selempang
Dalam kepramukaan, Tanda Kecakapan Khusus (TKK) adalah tanda yang diberikan kepada peserta didik sebagai bentuk apresiasi atas kemampuan seorang peserta didik dalam suatu bidang tertentu. TKK bersifat opsional bagi peserta didik, sehingga seorang peserta didik dapat memiliki TKK yang berbeda dari peserta didik lain. TKK jumlahnya saat ini mencapai puluhan, dan kemungkinan akan ditambah seiring dengan kemajuan teknologi.
Untuk memperoleh suatu TKK, seorang Pramuka harus mampu menyelesaikan Syarat-syarat Kecakapan Khusus dalam bidang tersebut.
Pemasangan TKK
TKK dipasang di lengan sebelah kanan baju seragam, dengan dua pilihan pemasangan, yaitu
·         Melintang, dua jari dibawah lambang Kwartir Daerah/diatas jahitan bawah lengan, atau
·         Melingkari lambang Kwartir Daerah dengan komposisi dua buah disebelah kanan lambang Kwartir Daerah, dua buah disebelah kiri lambang Kwartir Daerah, dan satu buah dibawah lambang Kwartir Daerah.
Jumlah TKK yang dapat dikenakan di baju seragam, paling banyak adalah lima buah. Jika memiliki TKK lebih dari lima buah, maka seorang Pramuka harus mengenakannya di selempang atau tetampan.
[sunting] Pengenaan Selempang
Selempang (disebut juga tetampan) secara umum hanya dikenakan pada saat upacara resmi, pelantikan, dan momen penting lainnya. Pada kegiatan-kegiatan biasa atau pada saat latihan rutin biasa, selempang tidak perlu digunakan. Selempang dipasang mengarah dari kanan atas ke kiri bawah.
Pembagian TKK
Tanda Kecakapan Khusus di semua tingkatan peserta didik (penggalang, penegak dan pandega), kecuali siaga, dibagi dalam lima golongan bidang kecakapan dan memiliki tiga tingkatan.
Golongan Bidang TKK
Lima golongan TKK tersebut ditandai dengan warna dasar TKK yang berbeda, dan digolongkan menjadi:

TKK Bidang Kesehatan dan Ketangkasan dengan warna dasar putih, meliputi:
1.      TKK Gerak Jalan
2.      TKK Pengamat
3.      TKK Penyelidik
4.      TKK Perenang
5.      TKK Juru Layar
6.      TKK Juru Selam
7.      TKK Pendayung
8.      TKK Ski Air
9.      TKK Pencak Silat
10.  TKK Posyandu/TKK Keluarga Berencana

TKK Bidang Agama, Mental, Moral, Spiritual, Pembentukan Pribadi, dan Watak dengan warna dasar kuning, meliputi:
1.      TKK Salat
2.      TKK Khatib
3.      TKK Qori
4.      TKK Muadzin
5.      TKK Penabung
6.      TKK Doa
7.      TKK Gereja
8.      TKK Pelayanan
9.      TKK Saksi Kristus
10.  TKK Terang Alkitab
11.  TKK Suluh Gereja
12.  TKK Bhakti
13.  TKK Dharmapala
14.  TKK Wicaksana
15.  TKK Dana Punia
16.  TKK Bhakti
17.  TKK Pendididkan KB
dan lain-lain

TKK Bidang Keterampilan Teknik Pembangunan dengan warna dasar hijau, meliputi:
1.      TKK Penjilid Buku
2.      TKK Juru Potret
3.      TKK Juru Kulit
4.      TKK Juru Logam
5.      TKK Penenun
6.      TKK Penangkap Ikan
7.      TKK Juru Kebun
8.      TKK Peternak Ulat Sutera
9.      TKK Peternak Lebah
10.  TKK Peternak Kelinci
11.  TKK Filateli
12.  TKK Pengumpul Lencana
13.  TKK Pengumpul Mata Uang
14.  TKK Pengumpul Tanaman Kering
15.  TKK Pengumpul Tanaman Hidup
16.  TKK Juru Masak
17.  TKK Pecinta Dirgantara
18.  TKK Pembuat Pesawat Model
19.  TKK Pengenal Cuaca
20.  TKK Komunikasi
21.  TKK Penjelajah
22.  TKK Juru Peta
23.  TKK Juru Navigasi Laut
24.  TKK Juru Isyarat Bendera
25.  TKK Pelaut
26.  TKK Pengembara
27.  TKK Petani Padi
28.  TKK Penanam Tanaman Hias
29.  TKK Petani Cabai
30.  TKK Juru Bambu
31.  TKK Juru Anyam
32.  TKK Juru Kayu
33.  TKK Juru Batu
34.  TKK Peternak Itik
35.  TKK Peternak Ayam
36.  TKK Peternak Sapi
37.  TKK Peternak Merpati
38.  TKK Pengumpul
39.  TKK Pengumpul Benda
40.  TKK Pengumpul Hewan
41.  TKK Juru Semboyan
42.  TKK Penjahit
43.  TKK Pengendara Sepeda
44.  TKK Juru Konstruksi Pesawat Udara
45.  TKK Juru Mesin Pesawat Udara
46.  TKK Juru Navigasi Udara
47.  TKK Juru Evakuasi Mesin
48.  TKK Pengenal Pesawat Udara
49.  TKK Juru Isyarat Elektronika
50.  TKK Juru Isyarat Optika
51.  TKK Perencana Kapal
52.  TKK Perahu Motor
53.  TKK Berkemah
54.  TKK Petani Bawang
55.  TKK Petani Tanaman Jalar
56.  TKK Peternak Belut
57.  TKK Peternak Lele
58.  TKK Statistika Keluarga Berencana
59.  TKK Pengatur Ruangan
60.  TKK Pengatur Rumah
61.  TKK Pengatur Meja Makan
TKK Bidang Sosial, Perikemanusiaan, Gotong Royong, Ketertiban, Masyarakat, Perdamaian Dunia, dan Lingkungan Hidup dengan warna dasar biru, meliputi:
1.      TKK Pemadam Kebakaran
2.      TKK Pengatur Lalu Lintas
3.      TKK Pengamanan Lingkungan
4.      TKK Penunjuk Jalan
5.      TKK Juru Bahasa
6.      TKK Juru Penerang
7.      TKK Korespondensi
8.      TKK Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan
9.      TKK Penyuluh Padi
10.  TKK Keadaan Darurat Udara
11.  TKK Keadaan Darurat Laut
12.  TKK Pembantu Ibu
13.  TKK Pengasuh Anak
14.  TKK Penerima Tamu
15.  TKK Pendaki Gunung
16.  TKK Juru Ukur
17.  TKK Kependudukan
18.  TKK Pendataan Keluarga Berencana
19.  TKK Kesejahteraan Keluarga
TKK Bidang Patriotisme dan Seni Budaya dengan warna dasar merah, meliputi:
1.      TKK Dirigen
2.      TKK Penyanyi
3.      TKK Pelukis
4.      TKK Juru Gambar
5.      TKK Pengarang
6.      TKK Pembaca

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/5/57/Tkk3.gif/120px-Tkk3.gif
TKK Bidang Kesehatan dan Ketangkasan
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/9/9e/Tkk1.gif/120px-Tkk1.gif
TKK Bidang Agama, Mental, Moral, Spiritual, Pembentukan Pribadi, dan Watak
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/0/0f/Tkk11.gif/87px-Tkk11.gif
TKK Bidang Agama, Mental, Moral, Spiritual, Pembentukan Pribadi, dan Watak
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/a/a2/Tkk12.gif/120px-Tkk12.gif
TKK Bidang Agama, Mental, Moral, Spiritual, Pembentukan Pribadi, dan Watak
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/4/45/Tkk4.gif/120px-Tkk4.gif
TKK Bidang Keterampilan Teknik Pembangunan
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/3/3e/Tkk5.gif/120px-Tkk5.gif
TKK Bidang Keterampilan Teknik Pembangunan
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/1/17/Tkk6.gif/120px-Tkk6.gif
TKK Bidang Keterampilan Teknik Pembangunan
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/d/d1/Tkk7.gif/120px-Tkk7.gif
TKK Bidang Keterampilan Teknik Pembangunan
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/a/a6/Tkk8.gif/120px-Tkk8.gif
TKK Bidang Sosial, Perikemanusiaan, Gotong Royong, Ketertiban, Masyarakat, Perdamaian Dunia, dan Lingkungan Hidup
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/8/82/Tkk9.gif/120px-Tkk9.gif
TKK Bidang Sosial, Perikemanusiaan, Gotong Royong, Ketertiban, Masyarakat, Perdamaian Dunia, dan Lingkungan Hidup
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/5/57/Tkk2.gif/120px-Tkk2.gif
TKK Bidang Patriotisme dan Seni Budaya

[sunting] Tingkatan TKK
Tingkatan TKK dalam Gerakan Pramuka dibagi menjadi tiga. Untuk mencapai tingkatan selanjutnya, seorang Pramuka harus memenuhi syarat yang ditentukan dalam Syarat Kecakapan Khusus (SKK). Setiap tingkatan SKK yang lebih tinggi akan berbeda persyaratannya dengan SKK yang memiliki tingkatan lebih rendah walaupun untuk TKK yang sama.
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/1/15/Tkk-tkk.jpg/250px-Tkk-tkk.jpg
http://bits.wikimedia.org/skins-1.5/common/images/magnify-clip.png
Dari kiri ke kanan, contoh TKK Pramuka Penegak: TKK Qori tingkat Purwa, TKK Pengamat tingkat Madya, TKK PPPK tingkat Utama
Tiga tingkatan tersebut ialah:
1.      Purwa; merupakan tingkatan terendah dalam TKK, berbentuk lingkaran.
2.      Madya; merupakan tingkatan TKK tingkat menengah, berbentuk persegi.
3.      Utama; merupakan tingkatan tertinggi TKK, berbentuk segi lima.
Yang membedakan TKK antar golongan peserta didik ialah warna tepian TKK yang berbeda.
·         Tingkat Pramuka Siaga berwarna hijau dan hanya memiliki satu bentuk yaitu segitiga
·         Tingkat Pramuka Penggalang berwarna merah
·         Tingkat Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega berwarna kuning
Beberapa TKK juga menjadi salah satu persyaratan yang harus dipenuhi seorang peserta didik yang akan melanjutkan ke tingkatan Pramuka Garuda sebagai tingkatan tertinggi dalam golongannya.

 


Macam Tanda Pengenal Pramuka
PDF
Print
E-mail

                                            Macam-macam Tanda Pengenal
a.       Tanda Umum
Dipakai secara umum oleh semua anggota Gerakan Pramuka yang sudah dilantik, baik putra maupun putri.
Macamnya : Tanda tutup kepala, setangan / pita leher, tanda pelantikan, tanda harian, tanda WOSM 
b.      Tanda Satuan
Menunjukkan Satuan / Kwartir tertentu, tempat seorang anggota Gerakan Pramuka bergabung.
Macamnya : Tanda barung / regu / sangga, gugusdepan, kwartir, Mabi, krida, saka, Lencana daerah, satuan dan lain-lain.

c.       Tanda Jabatan
Menunjukkan jabatan dan tanggungjawab seorang anggota Gerakan Pramuka dalam lingkungan organisasi Gerakan Pramuka
Macamnya   :  Tanda pemimpin / wakil pemimpin barung / regu / sangga, sulung,pratama, pradana, pemimpin / wakil krida / saka, Dewan Kerja, Pembina,                            Pembantu Pembina, Pelatih, Andalan, Pembimbing, Pamong Saka, Dewan Saka                 dan lain-lain.

d.      Tanda Kecakapan
Menunjukkan kecakapan, ketrampilan, ketangkasan, kemampuan, sikap, tingkat usaha seorang Pramuka dalam bidang tertentu, sesuai golongan usianya.
Macamnya   :    Tanda kecakapan umum / khusus, pramuka garuda dan tanda keahlian lain bagi orang dewasa.

e.       Tanda Kehormatan
Menunjukkan jasa atau penghargaan yang diberikan kepada seseorang atas jasa, darma baktinya dan lain-lain yang cukup bermutu dan bermanfaat bagi Gerakan Pramuka, kepramukaan, masyarakat, bangsa, negara dan umat manusia.
Macamnya :
Peserta didik   :  Tiska, tigor, bintang tahunan, bintang wiratama,   bintang teladan.
Orang dewasa   : Pancawarsa, Darma Bakti, Wiratama, Melati, Tunas Kencana.